Sekretaris FPKS Lampung Berharap Konservasi Penyu Diperhatikan





Dalam reses hari ketiga, Rabu (17/12) , Anggota Fraksi PKS DPRD Lampung Daerah Pemilihan Tanggamus, Lampung Barat dan Pesisir Barat, Akhmadi Sumaryanto mengunjungi Kawasan Konservasi penyu di Pekon Muara Tambule, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat. Di kawasan konservasi sepanjang sekitar 10 KM tersebut, Anggota Komisi II ini meninjau dan memetakan persoalan-persoalan yang terkait dengan kawasan konservasi tersebut.

Menurut Sekretaris Fraksi PKS ini, kawasan konservasi penyu telah menangkar dan melepasliarkan ribuan tukik (penyu anakan) jenis Penyu Belimbing. “Hampir setiap bulan ada saja induk penyu yang bertelur dan kemudian dilepasliarkan di kawasan konservasi tersebut, namun paling banyak di antara bulan Agustus dan September,” kata Akhmadi.



Akhmadi juga menyampaikan bahwa di kawasan tersebut kini terdapat 121 tukik yang ditangkarkan dari 136 telur yang ditetaskan, dan masih ada 100 butir telur yang kemungkinan akan menetas seminggu lagi.

Selain sebagai pusat konservasi tukik jenis belimbing di Lampung, kawasan konservasi penyu yang berjarak sekitar 3 jam dari Kecamatan Gisting, Tanggamus ini juga berpotensi menjadi pusat wisata edukasi. Untuk itu meskipun secara struktural berada di bawah pembinaan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, menurut Akhmadi lagi, penting mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi baik berupa insentif bagi penjaga maupun peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana (peralatan, bangunan dll) dalam upaya perbaikan penangkaran penyu tersebut.

“Jika ada penyu yang mendarat kemudian bertelur, penjaga bersama kelompok masyarakat sadar konservasi, telur dipindahkan di balai konservasi, hingga menetas lalu ditangkarkan sampai siap dilepasliarkan’’ tutur Akhmadi. “Bangunan-bangunan dan sarana-sarana penunjang inilah yang patut menjadi perhatian Pemda Provinsi Lampung, apalagi telah banyak wisatawan asing yang berkunjung ketempat ini,” pungkas Akhmadi. []
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger