Klinik BPJS Di Kota Metro Harus Ditambah



METRO – Kota Metro Provinsi Lampung perlu menambah klinik maupun fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini mengingat tingginya kebutuhan pasien BPJS Kesehatan di Kota Metro yang tak sebanding dengan ketersediaan klinik faskes BPJS.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Metro Yulianto dalam diskusi bertajuk “Menuju Metro Kota Sehat” di Stasiun Radar TV Lampung kemarin (10/2).

“Pasien BPJS di Kota Metro lebih dari 9 ribu orang hanya dicover oleh 4 klinik. Ini sangat tidak memadai. Jumlah klinik BPJS di Metro sudah layak ditambah,” ujar pria yang juga Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Metro ini.

Apalagi, tambah Yulianto, pasien yang dilayani oleh klinik BPJS Kota Metro bukan hanya dari warga setempat, namun juga dari Mesuji, Lampung Timur, Way Kanan, Tulangbawang, Pesawaran sehingga mau tidak mau menambah beban pelayanan faskes BPJS.

“Kita patut bersyukur Kota Metro terpilih sebagai salah satu Kota Sehat di Indonesia, tapi perlu diimbangi dengan peningkatan ketersediaan fasilitas kesehatan yang terintegrasi dengan BPJS,” ujar Yuli.

Indikator Kota Sehat sendiri merujuk pada ketersediaan fasilitas kesehatan mulai dari tenaga medis, jangkauan poskeskel, jumlah rumah sakit serta klinik hingga penataan pasar, ruang terbuka hijau, dan indikator lingkungan lainnya. Terbukti saat sejumlah kota dinyatakan mengalami kejadian luar biasa demam berdarah dengue (KLB DBD), Metro terbebas dari KLB.

“Terkait lingkungan ini, kami berharap ke depan Pemda Kota Metro bersama DPRD dapat menata kembali tata ruang Kota Metro untuk mengantisipasi potensi menurunnya kualitas kesehatan misalnya akibat banjir,” ujar Yuli. Menurutnya pola pembangunan drainase yang baik dapat menghindarkan Kota Metro dari potensi banjir.

Yuli berharap dengan demikian Kota Metro tidak saja nyaman sebagai tempat belajar – mengingat Metro sudah lebih dulu dikenal sebagai Kota Pelajar – namun juga nyaman untuk berobat. []
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger