KOMISI I DPRD BANDAR LAMPUNG GELAR RDP DENGAN KPU



BANDAR LAMPUNG - Senin (9/2/2015) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung berkunjung ke Komisi I DPRD Kota Bandar Lampung. Kunjungan tersebut dalam rangka Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pelaksanaan Pilkada Kota Bandar Lampung, mengingat masa kepemimpinan Walikota yang sudah akan berakhir.

Dalam RDP tersebut KPU Kota Bandar Lampung menyampaikan beberapa poin informasi terkait rencana pelaksanaan prosesi pilkada Bandar Lampung mendatang. KPU Kota sudah memproyeksikan tahapan pilkada yaitu bulan April – Juni untuk rekrutmen PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) & PPS (Panitia Pemungutan Suara), Agustus Penetapan Calon, dan September pelaksanaan pemungutan suara.

Meskipun begitu KPU Kota mengakui jadwal ini belum fiks karena masih ada kemungkinan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2016.

Yang menjadi perhatian serius KPU Kota saat ini yaitu dalam hal perekrutan PPS, dimana pada pilkada-pilkada sebelumnya banyak anggota PPS yang tidak berkompeten, dan sebagian yang kurang bertanggung jawab atas tugasnya. Maka dalam perekrutan PPS kedepan, KPU Kota akan memberlakukan sistem seleksi, diantaranya dengan memberlakukan persyaratan rekomendasi dari lurah setempat.

Selain itu, untuk pilkada kedepan para calon kepala daerah akan diseleksi melalui uji publik. Hanya bakal calon yang telah menjalani dan mengikuti proses serta mendapatkan SK Uji Publik saja yang bisa mengikuti proses selanjutnya untuk ditetapkan sebagai Calon Kepala Daerah. Untuk proses uji publik itu sendiri akan dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa akademisi dan tokoh masyarakat.

Dalam penyampaiannya, KPU Kota menyampaikan kendalanya terkait dana anggaran. Selain itu KPU Kota juga menyampaikan permasalahannya terkait database pemilih. Hingga saat ini data yang tersedia di kecamatan dan yang ada di pemkot masih belum terupdate dengan baik. Seperti misalnya data masyarakat yang meninggal di suatu kecamatan/kelurahan, masih tetap tercantum dalam database.

Menanggapi permasalahan yang disampaikan KPU Kota tersebut, anggota Komisi I DPRD Kota Handrie Kurniawan menyampaikan bahwa terkait masalah anggaran, selaku Komisi I DPRD Kota akan membantu terkait penyampaian dan realisasi anggaran tersebut ke pemerintah kota. Selain itu, Handrie Kurniawan menambahkan harapannya agar terkait kepastian jadwal pelaksanaan pilkada, dan maksimalisasi pemutakhiran data pemilih dengan memperbaiki kinerja petugas pendata pemilih. [md]
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger