Dewan Minta KPU Tidak Buat Tafsir Sendiri

Anggota Komisi II DPR RI, Saduddin meminta KPU tidak membuat tafsir sendiri dalam menyusun Peraturan KPU (PKPU), sehingga tidak sejalan dengan UU No.08 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Hal ini disampaikannya dalam rapat konsultasi antara Komisi II DPR dengan KPU dan Bawaslu di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, (31/3).

“KPU dan Bawaslu sebagai penyelengara Pilkada adalah pelaksana UU, maka peraturan yang dibuatnya pun harus sejalan dengan UU, tidak membuat tafsir baru, yang berbeda dengan aturan di atasnya,” kata Saduddin, yang juga Kapoksi FPKS.

Saduddin menungkapkan, terkait dengan petahana, UU membatasi politik dinasti untuk tingkatan dan wilayah yang sama, bukan pada tingkatan dan wilayah yang berbeda.

“Sebagai contoh, Gubernur petahana di propinsi A, maka keluarganya tidak diperbolehkan mencalonkan di propinsi A juga, tetapi diperbolehkan mencalonkan di propinsi selain A. Dan keluarganya juga diperbolehkan mengajukan diri sebagai Bupati atau Walikota di wilayah propinsi A. Tetapi KPU menafsirkannya berbeda,” papar legislator PKS ini.

Hal lain yang lebih substansi, tambah Saduddin, mengenai norma aturan yang dijadikan landasan oleh KPU dan Bawaslu dalam membuat peraturan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut.

“Jangan sampai ada kesan bahwa yang harusnya dijabarkan lebih teknis dalam UU, tidak dilakukan oleh KPU dan Bawaslu. Sebaliknya hal-hal yang sudah jelas diatur dalam UU malah dibuat penafsirannya sehingga tidak sesuai substansinya dengan UU,” bebernya.

Terkait dengan 65 daerah yang belum menganggarkan dana Pilkada dalam APBD nya, Saduddin meminta semua pihak, baik DPR, Mendagri, Menkeu, KPU serta Bawaslu untuk serius membahas hal tersebut.

Seperti diketahui, terdapat 269 daerah baik Propinsi, Kabupaten dan Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2015, di mana 65 diantaranya belum menganggarkan dana Pilkada dalam APBD nya. (pks.or.id)

Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger