Dewan Ingatkan Nawacita pada Eselon I Kementan

Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, mengucapkan selamat kepada pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian yang baru saja di lantik (1/6/2015).  Dari 6 pejabat eselon I yang baru, 5 adalah wajah baru di lingkungan eselon I jika dilihat dari susunan pejabat zaman Menteri Pertanian Suswono. Hanya satu wajah lama dari sejak kepemimpinan Suswono yang masih dipertahankan dari enam pejabat yang di lantik hari ini yaitu Banun Harpini dengan posisi yang sama yaitu Kepala Badan Karantina Pertanian.

“Saya mengucapkan selamat kepada : saudara Sputnik Sujono Kamino sebagai Dirjen Hortikultura, saudara Pending Dadih Permana sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, saudara Justan Riduan Siahaan sebagai Inspektur Jenderal, saudara Muhammad Syakir sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, saudara Muladno sebagai Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan saudari Banun Harpini sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian. Semoga dapat mengemban amanah dan mensukseskan nawacita yang dicanangkan presiden Joko Widodo”, ucap Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Selanjutnya legislator daerah pemilihan Sulawesi Selatan II ini mengingatkan kepada pejabat eselon I yang baru di lantik, bahwa ada 14 program yang tersusun dengan nama nawacita kedaulatan pangan 2016 yang terdiri dari :

1. Perluasan lahan sawah baru 200.000 Ha
2. Perluasan pertanian lahan kering 250.000 Ha
3. Pengelolaan Air Irigasi untuk Pertanian 500.000 Ha
4. Pengendalian konversi lahan (Audit dan sertifikasi lahan)
5. Optimasi dan Pemulihan kesuburan lahan 275.000 Ha
6. 1000 desa mandiri benih
7. Pembangunan gudang dengan fasilitas pengolahan pascapanen
8. Bank pertanian dan UMKM (inisiasi dan kajian)
9. Peningkatan kemampuan petani (Pemantapan sistem penyuluh)
10. Pengendalian impor pangan (Pengembangan rantai pasok tanaman pangan)
11. Reforma agraria 9 juta Ha
12 1000 desa pertanian organik (SRI 250.000 Ha dan UPPO/Unit Pengolahan Pupuk Organik)
13. Terbangunnya 23 Techno Park dan 10 Science Park
14. Pemanfaatan lahan bekas pertambangan

“Saya mengingatkan, upaya pencapaian nawacita yang telah disusun ini sangat baik jika benar-benar di implementasikan di lapangan. Semua harus menjadi satu tim yang hebat, saling mendukung dan bekerjasama”, kata Andi Akmal.

Andi Akmal meneruskan, legislatif akan mendukung program Kementerian Pertanian yang mampu menyentuh kesejahteraan rakyat pedesaan. Jika dilihat dari nawacita yang ada, legislator yang juga Anggota Badan Anggaran di DPR ini meminta kepada pemerintah untuk tidak sekedar menjadikan program yang telah disusun sebagai pajangan saja.

“Saya yakin, jika nawacita itu dapat diaplikasikan secara nyata di lapangan, pasti ada perubahan menuju kebaikan yang cukup signifikan,” pungkas Andi Akmal.

(pks.or.id)
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger