Ramadan Bulan Insyaf, Saatnya Perbaiki Diri, Keluarga, dan Masyarakat

Menyambut bulan Ramadhan yang mulia, DPD PKS Kota Bandar Lampung mengadakan tarhib Ramadhan 1436 H, Minggu (14/6) di Aula SLB Kemiling. Sebanyak seribu kader PKS antusias mendengar materi sambut Ramadhan yang diberikan secara bergantian oleh Ketua DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi dan Al Muzzammil Yusuf anggota DPR RI yang juga sebagai Calon Bupati Pesawaran.

Dalam sambutannya Pejabat Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin  mengatakan Tarhib Ramadhan  merupakan agenda tahunan PKS jelang ramadhan. 

Tarhin Ramadhan merupakan kajian keislaman jelang Ramadhan yang diperuntukkan bagi kader PKS, sehingga kader-kader PKS dalam menyambut Ramadhan dapat mempersiapkan diri baik secara fisik, ilmu, serta jiwa. Bahkah tahun ini PKS Bandar Lampung mengusung tema Ramadan Bulan Insyaf, Saatnya Perbaiki Diri, Keluarga, dan Masyarakat,” kata Aep.

Aep juga memaparkan kegiatan-kegiatan lain yang akan dilaksanakan PKS saat Ramadhan terbagi tiga bagian, pertama pra Ramadhan kegiatanya berupa pemasangan spanduk Ramadhan disetiap kelurahan di Bandar Lampung, pawai Ramadhan dan Tarhib Ramadhan. Kedua kegiatan saat Ramadhan berupa pesantren Tahfidz Qur’an, Kemah Al Qur’an dan Safari Ramadhan struktur dan aleg PKS ke pengurus PKS ditingkat kecamatan, dan yang terakhir itikaf. Ketiga pasca Ramadhan akan dilaksanakan kegiatan halal bihalal.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi dalam tausiahnya mengajak seluruh kader PKS untuk memberikan perhatian lebih kepada kaum dhuafa. 

“Bulan Ramadhan adalah bulan untuk mengingatkan simpati kita kepada kaum dhuafa, terutama yang ada di bangsa ini. Oleh karena Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melihat segala kebutuhan kita dalam memulihkan kondisi (recovery), baik diri sendiri maupun masyarakat. Pemulihan kondisi harus dimulai dari kaum dhuafa. Jangan sampai titik dhuafa terabaikan yang justru menjadi sumber kelemahan bagi diri sendiri dan masyarakat, karena muncul masalah dalam hal kesejahteraan,” katanya.

Karenanya untuk menyambut Ramadhan ini Gufron mengajak kader PKS untuk membuat  5 Persiapan yaitu   
1. Persiapan Ruhiyah
Persiapan ruhiyah yang kita perlukan adalah dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas.

2. Persiapan Fikriyah
Persiapan fikriyah yaitu membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan amaliyah di bulan Ramadhan, sehingga ibadah Ramadhan benar-benar efektif. Seperti halnya ilmu tentang kewajiban puasa, keutamaan puasa, hikmah puasa, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, serta sunnah-sunnah puasa. Juga tarawih, i'tikaf, zakat, dan sebagainya.

3. Persiapan Jasadiyah
Ramadhan membutuhkan persiapan jasadiyah yang baik. Ini karena Ramadhan menciptakan siklus keseharian yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Sebagai muslim yang baik kader PKS diharapkan tetap produktif dengan pekerjaannya masing-masing meskipun dalam kondisi berpuasa. Selain itu persiapan fisik juga diperlukan karena kita juga akan melakukan ibadah dalam porsi yang lebih lama dari sebelumnya.

Karenanya kita perlu mempersiapkan jasadiyah kita dengan berolah raga secara teratur, menjaga kesehatan badan, dan kebersihan lingkungan. 

 4. Persiapan Maaliyah
Persiapan maaliyah atau persiapan harta yang diperlukan dalam menyambut bulan Ramadhan bukanlah untuk membeli baju baru, menyediakan kue-kue lezat untuk Idul Fitri, dan lain-lain. Kita justru memerlukan sejumlah dana untuk memperbanyak infaq shadaqah, memberi ifthar (buka puasa) orang lain, membayar zakat fitrah dan untuk ibadah yang lainnya. Tentu saja bagi yang memiliki harta yang mencapai nishab dan haul wajib mempersiapkan zakat hartanya. 

5. Persiapan Da'wiyah
Adalah persiapan seorang kader PKS dalam merancang kegiatan-kegiatan dakwahnya selama Ramadhan. Berapa kali Ia akan mengisi kultum tarawih, menjadi imam sholat, mengisi khutbah Jumat, membina majelis taklim, sampai dengan menjadi khotib Idul Fitri. Ini harus sudah dirancang sebelum Ramadhan dan diniatkan sebagai amal sholih kader dalam mengajak masyarakat kepada kebaikan.





Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger