Festival Krakatau menjadi titik tolak bagaimana destinasi pariwisata di
Lampung terintegrasi dan lebih mengarah kepada apa yang disebut sebagai
place branding (branding tempat).
Demikian dikatakan Ketua Komisi II DPRD Lampung, Hantoni Hasan
disela-sela pembukaan acara Festival Krakatau di Pantai Mutun, Padang
Cermin, Pesawaran, Ahad (23/8/2015).
Hantoni juga mengatakan jika place branding ini diterapkan maka akan
tumbuh kesadaran bahwa pengelola (pemerintah dan swasta) semakin ingin
memiliki asosiasi positif dibenak masyarakat atau konsumen dengan
membangun dan mempromosikan brand yang dimilikinya. “Tentu dengan place
branding maka akan tumbuh kesadaran bahwa pengelola ingin memiliki
asosiasi yang positif dibenak konsumen,” kata Hantoni.
Menurutnya dengan place branding ini agenda tahunan Festival Krakatau
akan mampu mengarahkan preferensi dan pilihan sekaligus membangun
identitas yang jelas, asosiasi yang kuat, dan menyematkan atribut
positif agar mampu menempatkan diri dan memenangkan persaingan dengan
even-even kepariwisataan lainnya di Indonesia.
“Dengan place branding, tentu festival Krakatau makin mengarahkan
Lampung sebagai destinasi penting Indonesia karena mampu menyematkan
asosisasi dan atributif yang positif di benak konsumen, khususnya para
turis atau wisatawan” tutur Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS
Lampung ini.
Setelah Pembukaan festival Krakatau 2015, mengiringi rangkaian acara
tersebut adalah Pesta Pantai dan Food Festival. Diantara tangkai acara
Pesta Pantai yakni lomba foto dalam air, snorkeling, fun swimming dan
beberapa tangkai acara lain termasuk food festival itu sendiri.
Tampak Hantoni Hasan menikmati situasi Pantai Mutun dan tak menyia-nyiakan untuk berkunjung ke stand makanan olahan ikan. []
Sumber : Humas Pks Lampung