Mohamad Sohibul Iman, Penyiar Radio yang Jadi Presiden Partai - 1

Lahir dan dibesarkan di Tatar Pasundan, Tasikmalaya, Mohamad Sohibul Iman sudah menempa diri dalam organisasi sejak dia duduk di bangku Sekolah Dasar. Mulai dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) hingga Praja Muda Karana (Pramuka) dijajal Sohibul hingga dia menginjak remaja di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Aktivitas ekstrakulikuler di luar kegiatan akademik pria kelahiran 5 Oktober 1965 itu terus berlanjut setelah dia hijrah dari Tasikmalaya untuk menimba ilmu di Institut Pertanian Bogor. Persinggahan dia di Kota Hujan tidak lama. Pendidikan di IPB hanya tuntas sampai di Tingkat 2.

Sohibul memilih hijrah lebih jauh dalam arti harafiah. Dia memutuskan mengejar beasiswa ke Jepang dengan berbekal penguasaan dasar bahasa Jepang yang dia peroleh dari kursus selama enam bulan di Jakarta.

Di Jepang, Sohibul tidak langsung kuliah. Dia masih butuh mempertajam penguasaan bahasa Jepangnya yang belum maksimal. Pada 1987-1988, Sohibul muda lantas menghabiskan waktunya di Negeri Sakura dengan menjalani kursus bahasa Jepang di Takushoku University, Tokyo.

Perjuangannya tidak sia-sia. Usai diterima di Waseda University, Tokyo, Sohibul pun akhirnya menyandang gelar Bachelor of Engineering pada 1992.

Pada saat yang bersamaan, Sohibul muda kala itu sudah mulai menjalin hubungan akrab dengan Uswindraningsih Titus, mahasiswi yang sama-sama sedang studi di Jepang lewat program beasiswa. Perempuan yang kelak menjadi belahan jiwa Sohibul itu adalah adik dari temannya di IPB yang pernah memberi tahu tentang program beasiswa.

Tapi gelar sarjana di Negeri Samurai itu belum cukup bagi Sohibul muda. Dia masih haus ilmu dan mengincar gelar S-2 di Takushoku University, tempat dia kursus pertama kali saat tiba di Jepang.

Bagaimanapun, Sohibul tak ingin menyia-nyiakan gelar sarjananya. Sembari menempuh pendidikan S-2, Sohibul pun lantas memilih untuk berkarier sebagai penyiar di Radio Jepang NHK. 

Baca Selanjutnya: Mohamad Sohibul Iman, Penyiar Radio yang Jadi Presiden Partai - 2

Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger