Jelang Tutup Tahun Dispenda Harus Kerja Lebih Keras Lagi

Menjelang tutup tahun 2015 yang tinggal 35 hari lagi, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandar Lampung masih jauh dari harapan. Dari target yang ditetapkan pada APBD 2015 sebesar 563,199 milyar dan dinaikkan menjadi 769,108 milyar pada APBD Perubahan, sampai dengan tanggal 20 November baru tercapai sebesar 329,928 milyar atau baru sebesar 42,9 persen.
 
Menyoroti permasalahan tersebut, anggota komisi II DPRD Bandar Lampung Grafieldy Mamesah mengatakan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) tentunya harus menggenjot lebih keras lagi menjelang tutup buku ini. Memang ada beberapa sumber PAD yang capaiannya sudah diatas 60 persen, seperti pajak restoran, hiburan, reklame dan penerangan jalan. 
 
Tapi yang menjadi catatan adalah, PAD Bandar Lampung tidak hanya bersumber dari itu saja. Ada potensi  besar lain seperti pemasukan dari parkir dan periijinan. PAD dari parkir di target 6,3 milyar yang baru terealisasi 2,7 milyar atau sekitar 43,9 persen. 
 
“Padahal potensi parkir di Bandar Lampung cukup besar, ini yang harus menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai potensi besar tapi realisasi jauh panggang dari api” kata Mamesah di ruang Komisi II DPRD Bandar Lampung, Rabu (25/11).
 
Sedangkan untuk perijinan realisasinya malah dibawah 40 persen. Target PAD Badan Penanaman Modal dan Perijinan (BPMP) tahun 2015 ini sebesar 58,3 milyar, sedangkan yang baru terealisasi baru sebesar 20,7 milyar atau 35,5 persen.
 
“Maka yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana disisa akhir tahun ini kita bersama-sama bisa menggenjot PAD Bandar Lampung. Memang benar bahwa PAD dari parkir dan perijinan itu penghimpunannya diluar Dispenda, makanya diperlukan kerjasama lintas dinas bahkan lintas komisi agar target PAD bisa tercapai. Kami dari komisi II siap bekerjasama dengan Dispenda melakukan diskusi, rapat kerja bersama untuk memberikan sumbang saran dan mencari solusi agar PAD bisa mencapai target yang ditetapkan, sehingga pembangunan di Bandar Lampung bisa lebih baik lagi” kata Mamesah.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger