DPRD Bandar Lampung Minta Terbitkan Perwali Soal Sampah di Kawasan Pantai

Bandar Lampung – Komisi III DPRD Bandar Lampung meminta pemerintah setempat untuk menerbitkan peraturan wali kota (perwali) tentang sampah. Pasalnya, kawasan pesisir Kota Tapis Berseri masih dipenuhi sampah, salah satunya pantai dekat Pasar Sore Sukaraja.

“Kami kan legislatif. Nanti, yang menindak eksekutif (pemerintah kota) dalam hal ini harus ada perwali. Makanya, kami menekankan untuk dibuat perwali agar jelas sanksi hukumnya tentang tata cara pembuangan sampah,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Bandar Lampung Muchlas E Bastari, Selasa, 19/1/2016.

Menurutnya, pencegahan pembuangan sampah mesti dimulai dari hulu. Sebab, masih banyak warga yang menjadikan sungai sebagai tempat alternatif membuang sampah. 

“Hulunya tuh dimana, bisa dari Kedamaian, Sukarame, ya semua tempat itu kan bermuaranya di laut. Saya bersama anggota lainnya melihat banyak sampah di sungai. Jadi, (kawasan) pesisir yang menerima dampaknya. Kuncinya saat ini pembersihan di hulu,” ujarnya.

Muchlas juga meminta peran serta masyarakat terkait masalah sampah di wilayah pesisir. Sebab, perlu kesadaran masyarakat agar kawasan pantai di Kota Tapis Berseri tak dipenuhi sampah.

“Semaksimal apapun upaya membersihkan sampah di pesisir, tapi yang di hulu (sungai) terus buang sampah maka akan percuma. Untuk itu, kesadaran masyarakat yang utama. Jika ingin kembali meraih penghargaan Adipura ya masyarakat harus ikut serta,” kata legislator PKS ini.

Menurutnya, jika masyarakat di hulu sudah benar dalam mengelola sampah, maka pemerintah dapat mewujudkan kawasan pesisir menjadi bersih. Setelah itu, mengangkut sampah yang menumpuk di sepanjang bibir pantai. 

 “Masyarakat yang tinggal di pesisir, seperti Sukaraja dan beberapa tempat lainnya, harus diberikan penyuluhan. Kemudian, melakukan tahapan selanjutnya, yaitu mengeruk sampah untuk menjernihkan perairan di lingkungan peisisir,” ujar Muchlas.

Sumber : www.duajurai.com



Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger