Mardani Umar: Upayakan Penyelesaian Sengketa Tanah

Anggota DPRD Provinsi Lampung Mardani Umar, hadir dalam rapat dengar pendapat dengan TNI AL, Selasa (23/2), di Jakarta. Rapat yang berlangsung di Markas Besar (Mabes) TNI AL ini guna mencari solusi masalah sengketa tanah masyarakat Madukoro dan Pemukiman Angkatan Laut (Kimal). Selain Mardani rapat juga dihadiri oleh anggota Komisi I DPRD Lampung Bambang Suryadi, Miswan Rodi, dan Suprapto Apriliati.

Mardani menjelaskan, kronologis sengeketa tanah bermula sikap Kepala Pemukiman Angkatan Laut yang tidak memperkenankan warga menggarap lahan dan memanen. Bahkan, jalan untuk ke lokasi diportal dan dijaga marinir bersenjata dengan alasan tanah tersebut milik Kimal. Padahal warga telah memiliki sertifikat hak milik sebanyak 55 buku. Selain itu, lahan telah ditanami singkong dan sawit.

Atas kejadian ini kelompok tani Harapan Jaya Desa Madukoro melakukan pengaduan ke DPRD provinsi. Mereka memasukkan surat ke DPRD Provinsi, lalu Ketua DPRD Lampung mendeposisikan ke komisi I untuk ditindaklanjuti.

“Hasil rapat kami dengan Pemda Lampung Utara dan Badan Pertanahan Nasional bahwa tanah tersebut tidak masuk dalam wilayah pemukiman Kimal. Sedangkan, hasil rapat di mabes TNI AL Cilangkap, menurut AL masuk wilayah kimal,” jelas Mardani.

Mardani mengungkapkan, sebelum sertifikat di terbitkan ada waktu sanggah. “Mengapa sanggahan tersebut tidak dilakukan Kimal?” tanya Mardani.

Menurut Undang-undang Pokok Agraris, sertifikat merupakan alat bukti yang kuat dan absolut, yang bisa membatalkan sertifikat adalah pengadilan.

Selanjutnya masalah ini oleh Komisi I DPRD Provinsi Lampung akan dibawa ke Komisi II DPR RI, dimana akan diadakan rapat bersama Kepala Staf Angkatan Laut dan BPN untuk menyelesaikan sengketa tanah tersebut.

“Saya berharap ada solusi terbaik untuk masyarakat Madukoro dan Kimal,” pungkas Mardani.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger