Peringati Hari Sampah Nasional, PKS Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung H.Muchlas E Bastari, MM, menyerahkan bibit pepaya california kepada warga Labuhan Dalam, Tanjung Senang.
Memperingati hari sampah nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Dewan Pengurus Cabang Partai Keadilan Sejahtera (DPC PKS) Tanjung Senang menggelar kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga di Rt 07 dan Rt 08 Kelurahan Labuhan Dalam, Tanjung Senang, Minggu (21/02). Acara ini dihadiri sekitar 30-an warga sekitar dan juga dihadiri oleh Ketua Fraksi PKS Bandar Lampung, Muchlas E Bastari.

Ketua DPC PKS Tanjung Senang Fauzan Rahman mengatakan, kegiatan peringatan hari sampah nasional ini merupakan upaya dari PKS untuk turut berpartisipasi menangani permasalahan sampah di Indonesia yang semakin memprihatinkan. PKS sadar bahwa penanganan sampah tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja, tapi semua stake holder harus terlibat, termasuk  PKS sebagai partai politik pun punya tanggung jawab dalam menangani masalah sampah.

“Kami berharap dengan acara sosialisasi ini, warga Labuhan Dalam khususnya Rt 07 dan Rt 08 mengerti jenis-jenis sampah yang ada, dan mereka bisa melakukan pemilahan sampah secara mandiri karena kesadaran mereka sendiri”, kata Fauzan.

Fauzan juga menambahkan, tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini adalah akan dibentuk bank sampah yang menampung sampah-sampah non organik tapi masih mempunyai nilai ekonomis dan membentuk kelompok-kelompok pengelola sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos.

“Kami sudah melakukan pendataan, dan ada sekitar 70 orang yang siap bergabung untuk pengelolaan sampah ini. Nantinya 70 orang ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 15-20 orang. Mereka nanti akan kita dampingi, dan kita beri pelatihan bagaimana mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos yang bermanfaat. Apalagi area Tanjung Senang ini masih banyak lahan pertaniaan dan perkebunan, sehingga pupuk kompos hasil olahan mereka nanti bisa dilarikan ke sektor pertanian dan perkebunan yang ada di Tanjung Senang” papar Fauzan.

Sementara itu Ketua Fraksi PKS DPRD Bandar Lampung Muchlas E Bastari, dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung sekali kegiatan positif yang dilakukan DPC PKS Tanjung Senang ini. Sebagai anggota legislatif khususnya komisi III yang juga menangani masalah sampah, Muchlas sangat mengetahui kondisi sampah yang ada di Bandar Lampung, bahkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung saat ini sudah over kapasitasnya sehingga memerlukan tambahan area untuk menampung sampah Bandar Lampung.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Muchlas berharap warga Labuhan Dalam bisa memilah-milah sampah yang masih mempunyai nilai ekonomis dan sampah yang bisa diolah menjadi pupuk kompos. Sehingga kedepannya volume sampah dari daerah Tanjung Senang, khususnya kelurahan Labuhan Dalam bisa berkurang.

Muchlas melanjutkan daerah Labuhan Dalam, khususnya RT 07 dan Rt 08 bisa menjadi pilot project  pengelolaan sampah rumah tangga. Jika ini sukses, maka kegiatan ini akan dilakukan diseluruh kelurahan yang ada di kecamatan Tanjung Senang, dan menyebar keseluruh kecamatan se Bandar Lampung.

Dalam kegiatan tersebut warga yang membawa sampah non organik seperti kardus, botol plastik, botol beling dan kaleng, bisa menukarkan sampah yang mereka bawa dengan bibit pepaya california yang telah disiapkan panitia.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger