Kader dan Pengurus DPW PKS Lampung Gelar Salat Kusuf Berjamaah


Bandar Lampung — Peristiwa gerhana matahari yang terjadi pada Rabu, 9 Maret 2016, mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat Indonesia. Ada yang ramai-ramai melihat peristiwa langka tersebut, ada yang berfoto selfie, sampai ada pula daerah yang melakukan festival gerhana matahari.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung pun mempunyai cara tersebut menyambut gerhana matahari. DPW PKS Lampung menggelar salat sunah kusuf atau solat sunah gerhana matahari di halaman kantor DPW PKS bagi pengurus, kader dan masyarakat sekitar Untung Suropati, Labuhan Ratu, Bandar Lampung.

Diikuti sekitar 40 orang, solat sunah kusuf tersebut dipimpin oleh Komirudin Imron, Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Lampung yang juga bertindak sebagai khotib.

Dalam khutbahnya, Komirudin berpesan agar gerhana matahari yang terjadi tidak sekedar diabadikan dalam ingatan sebagai peristiwa yang langka. Atau harus bepergian ketempat yang jauh hanya untuk melihat gerhana tersebut.

“Melalui peristiwa gerhana ini, Allah ingin kita sebagai hamba bersujud kepada-Nya pada saat peristiwa ini terjadi,” pesan pria yang akrab disapa Ustad Komir tersebut.

Komir juga mengingatkan para jamaah salat, bahwa sungguh rugi orang yang pada detik-detik terjadinya peristiwa gerhana pergi ke tempat-tempat strategis untuk bisa menyaksikan dari sudut paling ideal, membeli peralatan yang mahal dan menyiapkannya selama berhari-hari tapi melewatkan waktu yang sangat berharga ini untuk berdzikir dan memuji keagungan Allah Dzat Yang Maha Suci.

Sementara itu Ketua DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim menyampaikan bahwa gerhana matahari dan gerhana bulan adalah diantara tanda-tanda Kebesaran Allah SWT.

“Baginda Rasulullah memerintahkan jika terjadi gerhana maka disunahkan untuk melaksanakan solat kusuf untuk gerhana matahari dan solat kusuf untuk gerhana bulan,” kata Mufti.

Anggota Komisi V DPRD Lampung ini juga menambahkan jika sebelumnya PKS telah memerintahkan agar kader berpartisipasi aktif melaksanakan salat kusuf bersama masyarakat di masjid atau mushola disekitar tempat tinggal mereka.

“Alhamdulillah di Lampung pelaksanaan salat kusuf lebih semarak, baik di masjid maupun di mushola,” pungkas Mufti. (*)

Ket. Foto : Ustadz Komirudin Imron Sedang Membacakan Khutbah Sholat Gerhana
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger