Keluhkan Masalah Pemasaran, Nelayan Kerang Hijau Curhat ke Muzzammil


Puluhan nelayan keramba kerang hijau pesisir Kelurahan Kota Karang Raya, Teluk Betung Timur, mengeluhkan sulitnya memasarkan kerang hijau hasil budidaya mereka. Keluh kesah itu mereka sampaikan kepada Al Muzzammil Yusuf anggota DPR RI Fraksi PKS saat melakukan agenda serap aspirasi di wilayah tersebut, Rabu (30/3).

Rizki, koordinator kelompok nelayan keramba kerang hijau, mengatakan bahwa kelompok mereka sangat kesulitan dalam memasarkan hasil panen kerang hijau. Mereka khawatir hasil panen akan terbuang sia-sia jika tidak berhasil dijual.

Apalagi pada bulan Mei mendatang, nelayan yang membudidayakan kerang hijau di daerah pesisir laut Kota Bandar Lampung akan melakukan panen serentak.

“ Pada Bulan Mei nelayan kerang hijau di pulau Pasaran, di pesisir Kota Karang, dan daerah umbul asem akan melakukan panen kerang secara bersamaan. Untuk daerah kami disini, panen kerang hijau bisa mencapai 20 ton. Itu belum digabung dengan daerah Pulau Pasaran dan Umbul Asem,” kata Rizki.

Rizki menambahkan, bahwa selama ini nelayan menjual kerang hijau kepada pengepul. Tapi pengepul sendiri mempunyai keterbatasan, pengepul tidak mampu membeli seluruh hasil panen nelayan.

Untuk mensiasati melimpahnya hasil panen, Rizki bersama kelompoknya coba membuat olahan dari kerang hijau. Seperti nugget, keripik kerang hijau, sampai kerupuk. Tapi lagi-lagi terkendala dengan pemasaran. Karenanya Rizki dan nelayan setempat meminta bantuan Muzzammil untuk bisa membantu agar hasil budidaya kerang hijau ini bisa dipasarkan secara maksimal.

Menanggapi permintaankelompok nelayan tersebut, Al Muzzammil Yusuf berjanji memfasilitasi keinginan mereka. Muzzammil akan berusaha mencarikan pihak yang tepat untuk membantu masalah pemasaran kerang hijau.

“Kami akan berusaha mencarikan pihak-pihak yang bisa membantu nelayan disini, semoga ada program dari kementerian yang bisa diturunkan kemereka, apalagi mereka sudah sangat kreatif dengan mencipatakan berbagai makanan olahan dari kerang hijau,” ujar Muzzammil.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger