Empat Hal Agar Jadi Muslimah Sehat Bugar Menarik

Peserta peluncuran program Muslimah Sehat Bugar Menarik (SBM) di MD Building Jakarta Selatan, Ahad (28/8)

Jakarta - Untuk menjadi muslimah yang sehat, bugar dan menarik, aktivitas fisik memang sangat diperlukan. Pakar Kesehatan dari Bio Performa Novi Widayanti mengatakan ada kiat yang terdiri empat hal yang perlu diseimbangkan tapi tidak bisa mengganti satu sama lain.

"Yang pertama aktivitas fisik harus teratur, harus benar dan terprogram. Berikutnya nutrisi harus seimbang dan berkualitas kalori tidak boleh tinggi tapi nutrisinya lengkap. Lalu istirahat harus teratur dan berkualitas. Yang terakhir adalah kontrol lingkungan. Lingkungan harus dikontrol agar tidak banyak intervensi dari hal-hal negatif seperti gelombang elektromagnetik, polusi udara, polusi suara dan kebersihan harus dijaga," kata Novi dalam acara peluncuran Muslimah Sehat Bugar Menarik (SBM) yang diadakan oleh Badan Kepanduan dan Olahraga (BKO) DPP PKS di Jakarta Selatan, Ahad (28/8/2016).

Agar giat melakukan aktivitas fisik, kata Novi, bisa dimulai dari hal yang sederhana tapi teratur. Misalnya dengan jalan kaki dan jalan kaki sendiri harus memiliki batas minimal misal 7500 sampai 10.000 langkah dalam sehari. Dengan melakukan ini, Novi mengatakan bahwa kita telah mengaktifkan sistem jantung, sistem saraf, sistem otot dan sistem yang ada di tubuh kita.

"Kalau sudah aktif baru berpikir ke intensitas ke intensitas yang lebih tinggi. Jadi jangan langsung loncat ke intensitas latihan yang kesannya menarik yang sebenarenya belum tentu baik untuk tubuh kita. Jika sudah aktif bisa langsung ke tingkat intensitas yang lebih tinggi. Dengan menjaga empat hal yang saya sebutkan tadi, maka kita akan mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik," ucap Novi.

Novi menyarankan untuk sehat dulu sementara kurus adalah urusan belakangan. Sebanrnya kurus bukanlah indikasi sehat atau tidak tapi kalau kurus dalam hal ini komposisi lemak dalam tubuh dan ototnya seimbang bisa mengindikasikan kesehatan seseorang. Tapi kalau dalam arti kurus hanya kurus saja tidak bisa dianggap indikasi seseorang ini sehat atau tidak.

"Jadi harus seimbang antara lemak dan otot yang ada di dalam tubuh. Sehat itu wajib, kurus itu bonus. Jadi, sehat dulu, bugar dulu dan bonusnya kurus," ujar Novi.

Agar tetap semangat dan konsisten menjaga pola sehat, Novi meminta agar memulai dari hal yang sederhana, bergerak atau aktif terlebih dahulu. Yang kedua, mencari dukungan bisa dari keluarga, ajak suami, ajak anak, ajak teman atau gabung ke komunitas.

"Bisa bergabung ke komunitas seperti komunitas Muslimah SBM. Ini sangat baik karena bisa saling mendukung. Lalu cari informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin supaya kita bisa mencapai level kualitas yang makin baik. Yang terakhir, tentukan goal atau tujuan yang realistis. Realistis dalam hal ini tujuannya berupa proses, contohnya agar tidak pegal-pegal, badan lebih fresh atau target berupa performa, misal sehari ini mau berjalan seribu langkah, lari pagi seminggu tiga kali. Usahakan selalu tercapai dengan targetnya. Jangan membuat target yang bersifat hasil saja seperti mau kurus atau mau membesarkan otot badan," papar Novi. (msm)


Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger