Benarkah Daging Kambing Sumber Kolesterol?


Banyak orang menilai daging kambing menjadi biang keladi penyakit kolesterol. Apalagi menjelang perayaan Hari Raya Kurban, rasa kebersamaan memasak dan menyantap hewan kurban menjadi tidak terkontrol.

Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) Nur Mahmudi Ismail tidak setuju dengan pendapat tersebut. Menurutnya, kandungan protein kambing, sapi, dan kerbau secara makro sama, begitu pun tingkat kolesterolnya.

Namun yang perlu dipahami, selama ini orang berpikiran bahwa kambing penyebab kolesterol atau menjadi kematian. Kambing tak baik bagi kesehatan dan lainnya.

"Saya sebenarnya tak terlalu setuju jika kambing diangga sebagai penyebab penyakit tertentu. Karena kandungan kambing itu masih mirip dengan sapi, kerbau,” kata lulusan Doktor Teknologi Pangan A & M Texas University ini, Jumat (9/9).

Mantan Wali Kota Depok ini menilai dari sisi aroma, daging domba beraroma lebih enak dari kambing yang terlalu menyengat.

“Ada sebagian orang enggak doyan. Itu karena aroma domba umumnya lebih bagus dari kambing. Kambing lebih menyengat. Makanya saya melihatnya adalah jangan terlalu berlebihan menuduh seolah-olah kambing sumber makanan yang membahayakan,” ungkapnya.

Menurutnya, daging kambing akan berbahaya jika seseorang yang mengonsumsi daging tersebut memiliki kondisi yang sensitif terhadap makanan itu.

Apalagi jika orang tersebut memiliki catatan penyakit kolesterol sebelumnya. Intinya, kata dia, jangan makan daging apapun sebagai sumber protein secara berlebihan.

Dia menconothkan soal ikan teri medan. Sebagian orang yang menilai ikan teri medan itu enak, bagus, protein dan kalsiumnya bagus. Tapi pada kalangan tertentu teri medan bisa menimbulkan penyakit alergi.

Sementara, daging kambing, kerbau, kuda, kalau seseorang sedang mengalami problema kolesterol. Konsumsi sedikit saja pasti langsung responsif bisa jadi sumber penyakit.

"Prinsipnya, jangan makan berlebihan. Bukan hanya kepada daging tetapi kepada semua jenis makanan, dianjurkan mengukur sesuai kebutuhan,” tegasnya.

Sumber: jawapos.com
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger