Dukung Rencana Penertiban Kendaraan Bermotor Di Sekolah, DPRD Ajukan Empat Saran Berikut

Ilustrasi [Foto : Jppn.com]

Bandar Lampung - Komisi IV DPRD Bandar Lampung mendukung penuh rencana penertiban kendaraan bermotor di sekolah-sekolah. Penertiban yang akan dilakukan oleh Polresta Bandar Lampung ini menunjukkan kepolisian ingin melakukan penegakan hukum dan ketentuan perundang undangan secara menyeluruh dan memberikan kesadaran kepada siswa untuk taat kepada hukum yang berlaku.

Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung Handrie Kurniawan menjelaskan, DPRD mendapat informasi adanya rencana dari Polresta Bandar Lampung melakukan penertiban kendaraan di sekolah-sekolah. Penertiban dilakukan terhadap siswa yang membawa kendaraan Roda 2 dan Roda 4 tapi tidak memiliki surat-surat seperti STNK dan SIM.

"Kendaraan yang dirazia nantinya dibawa ke Polresta, dan hanya bisa diambil oleh orang tua yang bersangkutan dengan menunjukkan bukti kepemilikan dan surat pengantar dari sekolah," kata Handrie saat ditemui di ruang kerja, Selasa (6/9).

Namun, Handrie juga memberikan beberapa saran terkait rencana penertiban ini. Pertama, DPRD menginginkan agar hal ini dapat dilakuKan secara kontinyu. Agar penegakan hukum tidak terkesan menggugurkan kewajiban saja tapi juga berdampak pada semakin bertambahnya kesadaran pengguna kendaraan dan berkurangnya dampak negatif.

Kedua, dilakukan langkah-langkah pencegahan setelah melakukan razia untuk mengurangi pelanggaran, misal kepolisian melakukan pemberian jadwal layanan mobil SIM di sekolah untuk siswa mendapatkan SIM, serta pihak sekolah atau dinas pendidikan membuat aturan yang jelas terkait penggunaan kendaraan bermotor disekolah.

Ketiga, Pemerintah daerah dalam hal ini harus terus meningkatkan pelayanan transportasi publik agar siswa dan orang tua semakin banyak yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum ke sekolah dibandingkan mengizinkan anaknya membawa kendaraan bermotor.

Terakhir, Handrie menghimbau para orang tua siswa untuk tidak mudah mengizinkan anaknya yang belum memiliki SIM untuk membawa kendaraan bermotor sendiri, ini disebabkan semakin tingginya kecelakaan dan kenakalan remaja akibat menggunakan kendaraan bermotor secara ugal-ugalan.

Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger