Pemerintah Diminta Prioritaskan Antrean Calhaj Berdasarkan Usia

Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudrajat

Bandung – Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudrajat mengusulkan agar pemerintah memprioritaskan antrean pelaksanaan ibadah haji berdasarkan usia calon jemaah haji (calhaj). Sebab, menurut Adang, para jamaah haji yang telah berusia lanjut memiliki risiko tinggi hadapi kematian karena penyakit degeneratif yang diderita olehnya.

“Saya melihat semakin panjang dan lamanya antrean mengakibatkan usia jama’ah haji kedepan akan semakin lanjut sehingga menyebabkan semakin tingginya prosentase jama’ah yang beresiko tinggi menghadapi kematian,” ucap Adang di sela-sela Sosialisasi MPR RI di Kabupaten Bandung, Kamis (1/9).

Diketahui, dari data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, tingkat kematian jamaah haji Indonesia di tahun 2015 mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan tahun 2014. Yaitu, dari 297 jamaah haji Indonesia (2014) menjadi 605 jamaah haji Indonesia (2015).

“Kami di Komisi IX DPR RI yang turut peduli terhadap masalah kesehatan jamaah haji tidak menginginkan semakin tingginya angka kematian jamaah haji Indonesia di tanah suci pada masa yang akan datang. Kinerja kementerian kesehatan akan dipertaruhkan sebagai kementerian yang paling bertanggung jawab terhadap masalah kesehatan jamaah haji,” ucap Legislator PKS dari Dapil Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat ini.

Apabila pemerintah mampu menerapkan sistem antrean berdasar usia, maka diperkirakan pada kurun waktu lima tahun mendatang, 70 persen usia jamaah haji berada pada wilayah aman akan risiko kematian akibat usia terlalu lanjut. Hal ini disebabkan, usia jamaah haji paling tua pada kisaran 60 tahun.

“Saya berharap, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama dapat melakukan simulasi bersama untuk mengukur risiko berdasar usia. Pemerintah harus sudah mulai memikirkan keberangkatan haji tidak hanya sekedar lunas ONH, namun ada porsi minimal 50% dari kuota haji diurut berdasar usia,” pungkas Adang.


Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger