Menikah Itu Seperti Mendaki Gunung, Perlu Persiapan

Kuliah Pranikah RKI Bandar Lampung, Minggu 13/11/2016

Bandar Lampung - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bandar Lampung melalui Rumah Keluarga Indonesia (RKI) menggelar kuliah pranikah untuk kalangan muda-mudi yang memasuki usia matang, Minggu (13/11/2016) di Balai Keratun, Teluk Betung. Kegiatan ini digulirkan untuk menangkal fenomena maraknya perceraian lantaran pernikahan yang dilakukan kurang persiapan matang, baik bekal ilmu maupun yang lainnya. 

Pemateri dalam acara ini adalah Ikhsan Kamil Pratama atau yang akrab disapa Kang Canun, Romantic Couple Trainer dari Bandung. Dalam pemaparannya Kang Canun menjelaskan bahwa kehidupan pernikahan itu seperti naik gunung. Tentunya sebelum naik gunung ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan agar pernikahan tidak tumbang ditengah jalan. Persiapan menjadi penting untuk menyelamatkan kehidupan pernikahan dari marabahaya, serta menjemput kehidupan pernikahan yang Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah.

Persiapan yang pertama adalah niat yang lurus karena Allah. Kalau berniat, luruskanlah niat betul-betul untuk beribadah karena Allah. Bila niat telah lurus, maka apa yang harus dibekali selanjutnya adalah kedewasaan. Menikah itu bukan masalah menikah muda atau menikah tua, namun menikah secara dewasa.

“Menikah segera dan menikah nanti sama hebatnya, bila dengan alasan syar'i dan pada tempatnya. Menikah segera dengan keberanian untuk menyempurnakan setengah agama dan tak mau menunda, itu sangatlah mulia. Namun, menikah nanti dengan pertimbangan kesiapan perbekalan berumah tangga sambil terus menerus melakukan perbaikan diri juga sama hebatnya. Yang salah adalah mereka yg tergesa-gesa dalam prosesnya atau berleha-leha dalam persiapannya,” kata Kang Canun.

Bekal selanjutnya, menyiapkan ilmu dan skill yang mumpuni untuk  menjalani kehidupan pernikahan. Pengetahuan dan skill untuk menjalani kehidupan pernikahan itu mutlak perlu. Tantangan kehidupan pernikahan zaman dulu dan saat ini berbeda luar biasa. Perselingkuhan pun bisa saja terjadi di ujung jempol pasangan bila anda lalai. Hal ini bisa dicegah dengan memiliki ilmu dan skill pernikahan.

Skill apa saja yang harus dimiliki, yang paling fundamental adalah skill komunikasi. Kenapa hal ini penting? Karena banyak permasalahan pernikahan dimulai dari mampetnya komunikasi. Bila komunikasi tidak terjalin, maka ini layaknya menunggu bom waktu untuk meledak.

“Kebahagiaan pernikahan itu harus diperjuangkan., layaknya naik gunung. Tentu lelah. Namun, bila anda sudah mencapai puncaknya, pemandangannya itu begitu indah luar biasa, “ ujar Kang Canun.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger