TERUS BERTUMBUH

Oleh
Ketua DPC PKS Kemiling
M. Imron Rosadi


Tiga hari yang lalu, kami berkesempatan bersilaturrahim kerumah salah satu ustadz kami di Bandar Lampung. Dari silahturahim tersebut, ada beberapa kalimat hikmah yang kami dapatkan dan menjadi insipirasi untuk merangkumnya dalam sebuah tulisan.

Ini beberapa kalimat beliau yang menurut kami sangat menginspirasi :

“Setiap kader harus punya kompetensi, serta meningkatkan kompetensinya. Bila kompetensi yang kita miliki belum diberdayakan struktur atau jamaah kita, yakinlah bahwa Allah akan menyiapkan sarana lain untuk memberdayakannya".

“Saat ini anak-anak muda PKS harus meningkatkan kualitas diri. Dimana kita saat ini diberikan amanah, maka hendaknya itu menjadi ladang amal terbaik kita".

Saudaraku, layaknya siklus kehidupan, sejatinya dakwah ini hari demi hari harus terus tumbuh dan berkembang. Fase demi fase harus kita lewati dengan bertambahnya kebaikan dan kebermanfaatan.

Rasullullah SAW, para sahabat dan tabi'in telah banyak mengajarkan, bahwa siklus dan perjalanan dakwah yang mereka emban saat itu terus menerus meluas dan bertumbuh. Keberhasilan itu dicatat dalam sejarah dunia, bahwa kehadiran Islam, keberkahannya dirasakan sepertiga ummat manusia di bumi ini.

Saudaraku, proses menuju keberhasilan peradaban Islam yang dibangun oleh Rasulullah, sahabat dan tabiin tentunya tidak diperoleh dengan cara yang mudah dan tanpa ujian. Sejarah telah mengajarkan bahwa begitu banyak tantangan yang harus dihadapi untuk membangun peradaban Islam kala itu.

Lihatlah sejarah awal dakwah di Makkah, kala itu Rasulullah berhasil membangun mental dan pondasi aqidah para sahabat di majelis arqam. Setelah itu lihatlah fase ekspansi yang ditandai dengan diutusnya para sahabat, alumni majelis arqam menjadi duta-duta Islam ke beberapa wilayah.

Ini menandakan bahwa, Rasulullah berhasil menumbuhkan mental, semangat, kompetensi dari para kader binaannya, sehingga alumni dari majelis dakwah Rasulullah menjadi kader-kader dakwah yang mukhlis, kader dakwah multi talenta, kader dakwah yang siap menebarkan keberkahan Islam dimanapun mereka ditempatkan. Allahu Akbar!!!

Saudaraku, berkaca dari sejarah dan kalimat hikmah dari salah satu ustadz kita diatas, sebuah keniscayaan untuk menopang amanah dakwah saat ini. Setiap kita harus meningkatkan kapasitas dan mentalitas. Setiap kita harus bertumbuh dan memperluas amal kebermanfaatan. Mari kita temukan, apa sebenarnya passion/minat kita. Untuk kemudian kita latih dan tingkatkan kemampuannya.

Saudaraku, beryukurlah bila saat ini masing-masing kita telah diberikan amanah dakwah dan amanah kehidupan. Itu berarti Allah SWT telah memilih kita untuk menjadi ummat terbaik dihadapanNya.

Ayo kita mengelola anugrah Allah ini. Rumusnya adalah, setiap kader bekerja di pos nya masing-masing. Yang diamanahkan menjadi Gubernur, Walikota, bupati, Wakil Walikota/Bupati, Anggota Dewan mari maksimal beramal dan berkhidmat ikhlas untuk umat, karena kalian adalah wajah jamaah dakwah ini.  Tingkatkan kualitas, kompetensi dalam bekerja, karena persoalan ummat bangsa ini begitu komplek, sehingga membutuhkan pemimpin - pemimpin yang mengayomi, luas wawasannya serta komitmen dengan janji-janjinya.

Yang diamanahkan di DPRa, DPC, DPD, DPW, DPP, ayo, saatnya kerja profesional, kerja keras, cerdas nan ikhlas kita berikan. Tingkatkan pula kompetensi, keilmuan dalam bekerja, karena selain takdir Allah, ijtihad dan ikhtiar kita menjadi faktor keberhasilan dakwah saat ini dan di fase berikutnya. Dalam kerja duniawi, ijtihad dan ikhtiar yang diberlakukan, hendaknya diapit dengan pendekatan Illahiyah dan ilmiyah.

Saudaraku, hari ini harus lebih baik dari kemarin.

Mari terus bertumbuh, berikhtiar dan tawakal.

InsyaAllah bila semua itu bisa kita lakukan, maka semua proses ini, akan menjadi tiket VIP kita ke JannahNya.

Wallahu alam
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger