Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung: Jangan Tunda Pembangunan Puskesmas Way Halim dan Kampung Sawah

Suasana Rapat Kerja komisi IV DPRD Bandar Lampung Dengan  Puskesmas
Bandar Lampung – Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung Handrie Kurniawan meminta pemerintah tidak menunda pembangunan puskesmas di Kota Tapis Berseri. Menurut Handrie, saat ini proses akreditasi masih berjalan.
Pada 2017 sebanyak 12 puskesmas akan diselesaikan akreditasinya. Menyusul pada 2018 sebanyak 6 puskesmas. Hasil akreditasi akan menjadi sarana evaluasi bagi puskesmas untuk meningkatkan pelayanan dan infrastruktur mereka.

Handrie melanjutkan, selain pelayanan yang harus semakin baik, Pemkot Bandar Lampung perlu juga memprioritaskan bangunan puskesmas yang sudah tidak layak untuk mendukung berjalannya pelayanan secara baik. Khusus 2017, pembangunan Puskesmas Way Halim dan Kampung Sawah nampaknya tidak dapat ditunda kembali.

“Kami dari Komisi IV melihat pembangunan puskesmas di Way Halim dan Kampung Sawah harus segera dilaksanakan. Jangan ditunda-tunda lagi. Karena ada sebagian dari bangunan puskesmas di dua daerah tersebut sudah tidak layak sehingga pelayanan terhadap masyarakat pun jadi tidak maksimal,” kata Handrie, Kamis, 9/2/2017.

Adanya rencana Dinas PU untuk menunda pembangunan infrastruktur puskemas, Handrie memandang hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Masih terdapat beberapa alternatif item infrastruktur yang secara prioritas bisa ditunda.

“Kami berharap Pak Wali Kota tidak menunda pembangunan puskesmas tersebut. Ini agar pelayanan dapat semakin baik dan membantu proses akreditasi untuk mendapatkan hasil yang baik,” terusnya.

Berdasarkan evaluasi Komisi IV DPRD terhadap dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dalam hal ini puskesmas, keberadaan puskesmas rawat jalan secara umum sudah berjalan baik. Sebagian besar mencapai target pendapatan lebih dari 80%.

Dalam hal belanja pun, Komisi IV menilai cukup proporsional dan dapat dilakukan efisiensi. Semua puskesmas dalam posisi surplus pada akhir tahun dengan menghasilkan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) yang cukup untuk operasional awal tahun 2017.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger