Rumah Siaga Bencana PKS Terjunkan 100 Relawan Banjir

Relawan Rumah Siaga Bencana PKS Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Lampung mengoptimalkan fungsi Rumah Siaga Bencana sebagai pusat layanan dalam kesiapsiagaan menghadapi situasi bencana.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim di Kantor PKS Lampung, Jalan Untung Suropati, Bandar Lampung, Rabu (21/2). Pihaknya melalui Rumah Siaga Bencana telah menerjunkan seratus Relawan PKS di musibah banjir Bandar Lampung dan Pesawaran.

"Disamping kami bersama masyarakat dan aparat bahu membahu meringankan beban saudara kita yang terdampak musibah banjir utamanya di Bandar Lampung dan Pesawaran, dengan membersihkan fasilitas umum dan fasilitas sosial," kata dia.

Selain itu relawan Rumah Siaga Bencana PKS juga membagikan ratusan makanan siap saji seperti nasi bungkus dan nasi kotak, puluhan dus air mineral dan alat kebersihan," kata Mufti. "Tentu saja kamipun telah bergerak cepat membuat dapur umum di titik yang paling memungkinkan," katanya lagi.

Menurut Ketua Bidang Kepanduan PKS Lampung Martono, masyarakat yang terdampak musibah banjir masih membutuhkan makanan siap saji, bahan makanan, air bersih, pakaian anak-anak dan pakaian sekolah.

"Kami siap berkolaborasi dengan seluruh elemen termasuk dari partai-partai lain yang terpanggil bersama dalam hal kemanusian. Karena selama inipun kami telah sering berkolaborasi dengan berbagai elemen baik NGO, lembaga kemanusian, BPBD bahkan aparat keamanan," kata penanggung jawab Rumah Siaga Bencana PKS Lampung tersebut.

Rumah Siaga Bencana adalah program PKS sebagai wadah Relawan-relawan PKS mengaplikasikan materi-materi kesiapsiagaan bencana pada agenda rutin Kemah Bakti Nusantara yang dilaksanakan oleh Bidang Kepanduan. "Rumah Siaga Bencana merupakan salah satu layanan dari Pusat Khidmat PKS Lampung, selain RKI atau Rumah Keluarga Indonesia dan yang lain," kata Martono.

Salah satu warga Pesawaran yang terdampak musibah banjir, Septri begitu berterima kasih atas kesiagaan dan kecepatan Relawan PKS bergerak menyisir tiap lokasi yang terdampak musibah khususnya di wilayah Pesawaran.

"Saya lihat sendiri, bagaimana relawan-relawan PKS bergerak cepat, terukur dalam penanggulangan musibah bencana. Mungkin mereka terlatih dalam penanganan kebencanaan" pungkas dia.


Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger