Komisi II DPRD Minta PD Pasar Segera Bekerja

Rapat Kerja Komisi II DPRD Bandar Lampung Dengan PD Pasar, 28/2/2017

BANDAR LAMPUNG – Komisi II DPRD Bandar Lampung meminta Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Bandar Lampung segera bekerja. Hal ini dikarenakan Bandar Lampung telah memiliki peraturan daerah (perda) no 6 tahun 2016 tentang PD Pasar.

Sekretaris Komisi II DPRD Bandar Lampung, Grafieldy Mamesah, mengatakan dengan adanya Perda PD Pasar, pengelolaan pasar secara penuh dikuasai oleh Perusahaan Daerah.
"PD Pasar punya dasar hukum untuk melakukan pengelolaan pasar yang ada di kota Bandarlampung. Karenanya PD Pasar harus bergerak cepat dalam pengelolaannya, apalagi sekarang sudah masuk bulan Maret,” Kata Grafieldy, Rabu (1/3).
 
Menurut Grafieldy, ada beberapa pekerjaan rumah dari peninggalan Dinas Pasar yang diwariskan ke PD Pasar. Pertama, pada 2016 lalu Dinas Pasar menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bandar Lampung sebesar 3 miliar lebih. Ini yang harus menjadi perhatian PD Pasar, jangan sampai sumbangan PAD dari PD Pasar malah berkurang dari tahun sebelumnya.
 
Keduanya, terkait penataan pasar tradisional. Selama ini pasar-pasar yang dikelola pihak ketiga selalu menimbulkan masalah, diharapkan dengan bekerjanya PD Pasar tidak ada lagi pasar tradisional yang terbengkalai. PD Pasar diharapkan bisa menyelesaikan penataan pasar SMEP, Pasar Tugu, dan pasar lain yang belum tertata dengan baik.
 
Ketiga, PD Pasar perlu melakukan peninjauan kembali Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak ketiga yang selama ini mengelola pasar.
 
"Kalau PKS nya masih perlu dilanjutkan dan bisa menghasilkan PAD dilanjutkan, kalau tidak diputus saja dan dikelola sendiri," ucap Grafieldy.
 
Terakhir, legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta pengelolaan pasar tradisional agar tidak terkesan kumuh.
 
“Selama ini image yang ada dibenak masyarakat jika ke pasar adalah kumuh, padat, macet dan becek. Nah ini yang menjadi tantangan PD Pasar untuk bisa mengelolanya. Bagaimana PD Pasar bisa membangun pasar tradisional yang bersih, nyaman, dan aman. Dan yang terpenting sistem pengelolaan sampahnya pun baik, sehingga tidak menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap,” Ujar Grafieldy.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger