PKS Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

Ketua Umum DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin Membuka Acara Pelatihan Bertanam Hidroponik
BANDAR LAMPUNG - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandar Lampung mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya. Ajakan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin saat membuka acara Pelatihan Bertanam Hidroponik di Kelurahan Surabaya, Kedaton, Minggu (12/3).


"Konsep bertani secara hidroponik sangat sederhana. Cukup menggunakan botol bekas air mineral, ibu-ibu rumah tangga dapat memanfaatkan lahan yang sempit untuk bertanam. Misalnya, botol bekas air mineral yang digantungkan di pagar rumah," kata Aep.


Menurut Aep, perawatan tanaman hidroponik cukup sederhana. Misalnya botol air mineral, cukup diisi air, kemudian bibit sayur yang sudah tumbuh bisa ditaruh dalam botol.


"Air di dalam botol cukup ditambah airnya jika akarnya tidak menyentuh air," imbuhnya.


Aep juga memaparkan bahwa ada 3 manfaat menanam sayuran di pekarangan rumah sendiri, yang pertama, menjaga kesehatan tubuh, karena rutin mengonsumsi  sayuran yang ditanam sendiri dan bebas pestisida, kedua membuat pekarangan rumah menjadi hijau, sejuk dan indah dipandang mata, ketiga memberikan nilai ekonomis,, bukan saja karena menghemat uang belanja karena tidak beli diwarung, melainkan juga hasil panen sayuran bisa dijual langsung sehingga meningkatkan pendapatn keluarga.


Sementara itu, Ketua Bidang Pekerja, Petani dan Nelayan (BPPN) DPD PKS Bandar Lampung, Hendriyudho, mengatakan BPPN sebagai pelaksana kegiatan akan terus mendampingi masyarakat yang telah mendapat pelatihan bertanam hidroponik.


“follow up dari BPPN adalah kita dampingi masyarakat yang telah mendapat materi pelatihan ini, pendampingan nanti dilakukan oleh Komunitas Ayo Menanam yang ada disetiap kecamatan. Pulang dari acara ini, masyarakat langsung diberikan bibit sayuran polybag, dan diberi instruksi untuk segera menerapkan ilmu yang baru didapat di rumah masing-masing,” kata Hendri.


Peserta kegiatan ini berjumlah 45 orang yang berasal dari ibu-ibu dan remaja yang ada disekitar kelurahan Surabaya, Kedaton. Untuk  langkah berikutnya, BPPN menargetkan setiap kelurahan akan mendapat pelatihan bertanam secara hidroponik.


Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger