LEVEL KEMAMPUAN


Oleh

M Imron Rosadi

Ketua DPC PKS Kemiling

Jumat, 9 Juni 2017, tepat pukul 09.20 kami berkesempatan mengikuti sebuah workshop yang dipelopori fraksi PKS Propinsi Lampung. Mengundang lebih dari 180 orang yang terbagi menjadi dua gelombang, workshop ini merupakan sosialisasi sekaligus rintisian awal tentang akan dibentuknya sebuah jaringan wirausaha nasional.

Dalam sambutannya, inisiator kegiatan ini menyampaikan beberapa hal, satu diantaranya Provinsi Lampung menargetkan terbentuknya minimal 1000 wirausaha dan satu pusat bisnis disetiap kecamatan. 

Namun dari kalimat demi kalimat yang beliau sampaikan, ada dua point penting yang kami garis bawahi dan kami jadikan bahan untuk tulisan ini. Meningkatkan level kemampuan, melakukan sesuatu diatas standar.


Saudaraku,

Dalam menjalani kehidupan, setiap kita tentu ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Setiap pegawai tentu saja ingin mendapatkan posisi terbaik dan penghasilan yang cukup. Para pengusaha tentu selalu ingin meningkatkan omset dan keuntungan bersih. Seorang politisi maupun pemimpin tentu juga ingin gagasan dan wewenang yang ia punya memiliki dampak kemaslahatan yang semakin meluas, dan seterusnya, dan seterusnya.


Impian diatas akan dapat diwujudkan bila kita memberlakukan dua konsep tadi. Senantiasa meningkatkan level kemampuan serta melakukan sesuatu apapun diatas standar rata-rata orang lain.

Saudaraku, 

Setiap manusia diberikan Sang Pencipta tiga potensi,  jasad, ruh dan akal. Meningkatkan kemampuan ketiganya adalah sebuah cara agar kita sukses mengemban amanah hidup ini. Seorang yang berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan level kemampuan ketiga potensi diatas, tentu dia akan menjadi sosok manusia yang bugar secara fisik, bijak dan karismatik, cerdas dan solutif.


Setelah kita berupaya meningkatkan level kemampuan kita, langkah kedua agar kita mendapatkan hasil terbaik ialah, melakukan sesuatu diatas standar orang kebanyakan. Melakukan sesuatu diatas standar bukan hanya berarti kita melakukan hal dan cara yang sama, tetapi lebih baik dari orang lain, namun bisa juga berarti kita menyelesaikan sesuatu dengan hal dan cara yang beda.

Kami jadi ingat ungkapan Pandji Pragiwaksono, salah satu komika kritis yang dimiliki Indonesia. Kata beliau, di era milenia dan digital ini ada kaidah yang harus kita perhatikan. Pertama, sedikit lebih beda itu lebih baik dibandingkan sedikit lebih baik. Kedua, tidak ada barang yang tidak laku, yang ada adalah barang yang di pasarkan dengan cara yang salah.

Ungkapan komika tersebut semakin menguatkan, bahwa untuk lebih sukses dalam kaidah ikhtiar, hendaknya kita senantiasa berupaya melakukan sesuatu yang beda dan diatas standar orang lain. Bila sebagai pegawai kita melakukan kerja diatas standar pegawai lain, tentu saja prestasi, jabatan dan apresiasi akan kita dapatkan.

Kita yang pengusaha bila melakukan kerja beda dan diatas standar yang lain, tentu saja perkembangan usaha kita akan semakin kelihatan hari demi hari. Politisi maupun pemimpin yang mau berkhidmat lebih keras, tentu saja efek dukungan dari masyarakat dan orang-orang yang dipimpinnya akan lebih meningkat. Bahkan dukungan yang ada adalah dukungan yang tulus tanpa ada sedikitpun kepalsuan.

Catatan :

Di Islam, untuk mengoptimalkan level kemampuan dan melakukan sesuatu diatas standar, Allah SWT telah memberikan sarana bernama Ramadhan. Di Ramadhan selama kurang lebih 30 hari, kita di latih untuk bangun lebih awal dan beribadah lebih dibandingkan dengan hari-hari pada bulan yang lain.Dan kesemua aktifitas tersebut kita lakukan dalam kondisi menahan lapar dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Islam sepertinya ingin mengajarkan kita, bahwa keterbatasan jangan dijadikan alasan untuk kita meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja. Gagal dan berhasil harus diujicoba. Dengan mencoba dan gagal kita tau dimana letak kekurangan dan ketidaksesuaian. Dengan mencoba dan berhasil kita tau dimana letak sinergi antara ide dan tindakan. Tapi yang terpenting, dari gagal dan berhasil kita mendapatkan khasanah baru dalam kehidupan.

Mari terus berikhtiar meningkatkan kemampuan, fastabiqul khairat.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger