DIKLAT PERADABAN

Merangkai hikmah 60 Jam bersama SKP 5 DPW PKS Lampung 

oleh : 
M Imron Rosadi 
Ketua DPC PKS Kemiling
Peserta SKP 5 PKS Lampung

Paragraf - paragraf pengantar,

Dengan mengendarai kuda besi kesayangan, pagi itu, Jum'at 13 Oktober 2017 saya menuju Aula Islamic Center Lampung. Tepat pukul 09.10, saya tiba di lokasi, bila mengacu pada jadwal yang kami terima lewat jalur struktur, hari itu sampai ahad siang, 15 Oktober 2017, saya dan beberapa teman-teman pengurus tingkat Kecamatan PKS di empat Kabupaten/Kota, yakni Pesawaran, Lampung Selatan, Bandar Lampung dan Metro akan mengikuti kegiatan Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) tingkat 5.

Di pintu masuk aula, kami disambut hangat oleh beberapa panitia bagian regristasi dan acara, hampir 100% dari panitia yang ada saya kenal semua, karena para panitia yang bertugas hari itu mayoritas adalah teman-teman seperjuangan yang saat ini menjadi pengurus DPD PKS  keempat Kabupaten/Kota yang saya sebutkan diatas.

Begitu menginjakkan kaki masuk ke aula, selama kurang lebih 30 detik awal, mata ini berkaca - kaca, dada ini bergemuruh. Kedua hal tersebut terjadi saat telinga ini mendengar, mata ini menyaksikan  di depan saya ada kurang lebih 170 orang peserta  sedang melihat cuplikan nasyid - nasyid perjuangan yang ditayangkan oleh panitia sebagai selingan sebelum acara pembukaan dimulai. Memori dalam benak merespon, suasana heroik muncul serta kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan hadir, mengisi seluruh rongga jiwa saat melihat apa yang ada dalam aula.

Masyaa Allah, terima kasih Yaa Rabb atas segala nikmat berjamaah dan ukhuwah yang masih Engkau anugerahkan kepada kami.

Peserta SKP 5 utusan DPC PKS Kemiling

Kembali ke paragraf pengantar,

Sebagai informasi, SKP 5 adalah sekolah kepemimpinan partai yang diperuntukan oleh seluruh pengurus harian PKS tingkat Kecamatan yang ada di Indonesia. Program ini merupakan sarana PKS untuk memberikan bekal kepada seluruh pengurus partai, baik dalam hal penguatan mental, mindset atau pola pikir, serta kompetensi dalam mengelola tim dan ekspansi program PKS ke masyarakat. Harapannya, alumni - alumni dari SKP ini menjadi semakin kokoh lagi dalam melakukan khidmat di masyarakat, serta menjadi sosok - sosok pembaharu yang konsisten dalam membangun peradaban umat.

Selama kurang lebih 60 jam, para peserta di gembleng oleh para instruktur dan qiyadah partai. Banyak sekali yang kami dapatkan, ada kebahagiaan berukhuwah, canda renyah yang mengakrabkan antar peserta dan panitia, cerita heroik yang menguatkan jiwa, serta konsepsi yang merangsang akal untuk kreatif bekerja.

Kami mencoba merangkum apa yang kami dapatkan selama 60 jam mengikuti kegiatan. Kami mencoba membaginya dalam tujuh tema,  Insyaa Allah tujuh hikmah tersebut akan kami beri judul sebagai berikut, 

part 1 : Driver or Passenger
part 2 : Menyatu dengan mayarakat
part 3 : Literasi
part 4 : Memimpin Indonesia 
part 5 : Berbagi Peran
part 6 : Kolaborasi 
part 7 : Silahturahim Peradaban

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan serta kemudahan, untuk dapat menceritakan serta mengambil hikmah dari ketujuh bahasan diatas.

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS. Yusuf; 111)

Rasulullah berkata : 

“Barangsiapa mengamalkan ilmu yang sudah ia dapatkan, maka Allah akan memberikan pengetahuan yang belum pernah ia ketahui.”

Imam al-Ghazali mengatakan bahwa, hikmah tersebar di mana-mana dan tidak terhitung jumlahnya, karena terlalu banyak dan begitu luasnya.

.........
kita lanjutkan besok di part 1 ya ......
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger