Driver or Passenger

Seri Diklat Peradaban
Part 1

oleh 
M Imron Rosadi 
Ketua DPC PKS Kemiling



"Saya ingin bertanya kepada anda semua, para pengurus harian DPC PKS se Lampung"

Pertama,  apakah anda semua nyaman berada dan bersama jamaah dakwah ini?"
Kedua, sebagai pengurus PKS tingkat Kecamatan, dalam memaknai posisi dan peran, bila boleh diibaratkan, saat ini posisi anda sebagai driver (supir) atau passenger (penumpang) ?

Begitulah kurang lebih beberapa kalimat pembuka yang disampaikan oleh Sekretaris Umum DPW PKS Lampung, Pak Ade Utami Ibnu saat memberikan arahan kepada 170an peserta Sekolah Kepemimpinan Partai  (SKP) 5  yang berasal dari Bandar Lampung, Lampung Selatan, Pesawaran dan Kota Metro.

Pantaslah bila beliau sering disebut - sebut sebagai Anis Matta nya Lampung.
Dengan gaya orator dan dipadukan dengan gestur energik, selama kurang lebih 60 menit beliau berhasil menyatukan nalar dan memantapkan jiwa kami, meyakinkan bahwa sejatinya kita adalah driver dalam jamaah dakwah ini. Driver yang membawa kendaraan bernama PKS melaju dengan cepat dan tepat dalam memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, umat dan bangsa
 
Berikut beberapa hal yang beliau tekankan kepada kami semua, terkait dengan sikap dan mental yang harus dimiliki seorang driver dalam mengemban amanah membawa kendaraan dakwah beserta penumpang nya  berhasil dan selamat menjadi aktor aktor peradaban.

Pertama, bagi seorang driver kita harus memiliki mental tidak puas dengan keadaan sekarang.
Bila mental ini tertanam, maka akan terbentuk jiwa - jiwa pembaharu umat, serta yang paling penting partai ini tidak akan kehabisan ide ide kreatif dan inovatif dalam  dari para anggotanya.

Kedua, Kuatkan mental menyukai tantangan-tantangan baru dan meningkatkan kompetensi dalam mengeksplor peluang demi peluang. Seorang driver harus mampu memanfaatkan tantangan yang ada menjadi sebuah peluang. 

Ketiga, Mental memecahkan permasalahan secara bersama. Sendiri kita hanya bisa mengerjakan sedikit, namun bersama kita bisa melakukan banyak hal

Keempat, Mental untuk siap bekerja dengan hati dan mengedepankan ukhuwah. Pekerjaan kecil, bila dikerjakan tanpa cinta akan terasa berat. Pekerjaan besar, bila dikerjakan dengan hati maka akan terasa ringan

Kelima,  Mental senatiasa mendahulukan  ketauladanan dibandingkan perintah. Ini adalah yang dicontohkan Rasulullah SAW, betapa beliau lebih mengedepankan ketauladanan dalam amal, senantiasa meminta pendapat para sahabat dalam memutuskan perkara yang bukan wahyu.

Padahal bila beliau mau, dalam sebuah kebijakan yang bersifat amal, muamalah dan strategi tidak akan ada sahabat yang akan membantah apa yang menjadi gagasannya. Namun begitu mulia nya Rasulullah SAW, beliau sangat menghargai pendapat dan kemampuan para sahabat dan umatnya.

Keenam, Senantiasa memberikan arah yang jelas, serta merangkul semua pihak, meskipun yang berbeda pandangan. Saatnya kita saling bahu membahu, berbagi peran di setiap sektor kehidupan.
Jangan saling menyalahkan dan mentiadakan.

Ketujuh, Mental berani melakukan eksperimen dan mengambil resiko yang terukur. Teringat beberapa kalimat hikmah dari ustadz Anis Matta, inovasi merupakan produk dari keberanian dan rasa penasaran. Kita boleh mejadi inovator yang ulung, namun pada akhirnya sukses itu pekerjaan Allah SWT.

Kedelapan, Mental dan sikap untuk senantiasa mengajak seluruh anggota dan semua elemen yang ada untuk berfikir kreatif. Hari ini dunia begitu cepat berubah, orang – orang yang berani dan kreatif akan sangat mudah beradaptasi dan mengendalikan perubahan. 

Semoga Allah SWT senantiasa menguatkan dan meluruskan niat kita semua.

Selamat menjadi driver saudaraku. Ayo kita bawa kendaraan dakwah ini beserta seluruh penumpang yang ada di dalamnya senantiasa nyaman dan tentunya nanti tiba ditujuan dengan sehat dan selamat.

 Insyaa Allah, lanjut lagi ke part 2 ya ..... 
Salam bahagia untuk kita semua
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger