Motivasi Kader Agar Cepat Menikah, RKI Gelar Sekolah Pra Nikah


Bandar Lampung – Rumah Keluarga Indonesia (RKI) menggelar sekolah pra nikah di aula DPW PKS Lampung, Minggu (19/11). Seminar bertajuk antara nikah dakwah dan peradaban tersebut dihadiri sebanyak 240 orang. Supriono atau Kak ono didaulat menjadi motivator diacara tersebut.

Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin dalam sambutannya mengatakan, memilih jodoh dan membentuk keluarga bukanlah hal yang tanpa pertimbangan dan berdasar cinta semata. Sebab ada tanggung jawab dunia akhirat di balik itu.

"Bahkan dari keluarga kecil itulah kita membentuk masyarakat yang Islami dan inilah yang akan terus dikawal RKI sebagai cita-cita mulia untuk bangsa," jelasnya.

Aep juga mengatakan, peradaban harus diraih dengan pernikahan yang memiliki syumul. Seperti dalam surat Ar Ruum 21, pernikahan adalah membangun kasih sayang. Dan dalam ayat quran yang lain menyebutkan bahwa pernikahan ini adalah disamping mendapatkan keturunan untuk penyejuk hati, tapi harus menjadikan keturunan kita sebagai pemimpin bagi yang lain.

Yuni Karnelis, Ketua RKI Bandar Lampung sekaligus Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Bandar Lampung mengatakan, sekolah pra nikah khusus diadakan untuk mereka yang belum menikah sebagai persiapan mental menuju pernikahan dan pembentukan keluarga. Dengan sekolah pra nikah ini RKI ingin menjaga dan memastikan bahwa estafet dakwah dan peradaban tetap ada.

Yuni melanjutkan, bahwa setidaknya ada empat hal yang diajarkan kepada peserta didik sebagai persiapan menikah. Yakni, kesiapan lahir berupa fisik maupun psikis, finansial, pengetahuan agama dan kerumahtanggaan, serta proses pernikahan menurut prosedur agama. Program RKI maupun sekolah pranikah diharapkan mampu membentuk keluarga yang lebih tangguh dan memiliki kontribusi kepada umat.

"Tujuan acara ini diharapkan para peserta dapat memahami esensi pernikahan, alasan perlunya menikah, dan mewujudkan pernikahan melalui jalan yang dibenarkan secara syari'at agama. Selain itu, acara ini memfasilitasi kaum muda untuk menyiapkan ilmu sehingga dari pernikahan tersebut tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah, dan mampu melahirkan generasi-generasi pembangun peradaban Islam dan bangsa," ujar Yuni.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger