Tiga Kunci Peningkatan Kesejahteraan Daerah Versi Presiden PKS


Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Mohamad Sohibul Iman memberikan tiga catatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pasca reformasi. Hal ini disampaikan oleh Sohibul pada pembukaan seminar FPKS MPR RI, di Hotel Aston, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2017).
“Menurut pengamatan saya, terdapat tiga catatan untuk meningkatkan fungsi desentraliasi dan meningkatkan kemampuan daerah. Pertama terkait dengan dengan daya kreativitas dan inovasi dari kepada daerah yang memimpin,” jelas Sohibul.
Menurut pria yang pernah menjadi Rektor Paramadina ini, pada era sekarang daya kreativitas dan inovasi ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh kepada daerah dan jajarannya. Sehingga, selain meningkatkan daya kreativitas, sumber daya manusia yang mengelola desentralisasi daerah harus mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dirinya.
“Catatan kedua adalah perlunya setiap daerah untuk fokus pada keunggulan kompetitif. Sehingga pemerintah dapat mandiri dengan potensi industri yang dibangunnya,” tambah Sohibul.
Sohibul juga berharap, agar pemerintah daerah juga tidak terjebak pada produk, namun juga dapat mengembangkan potensi lainnya yang dimiliki oleh daerah. Sehingga, daerah dapat mengembangkan kluster-kluster industri.
Catatan ketiga yang diberikan oleh Sohibul Iman adalah kolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta. Ia menilai, pemerintah dapat menyiasati percepatan pembanguan dengan bekerjasama dengan pihsak swasta yang memiliki modal.
“kolaborasi dan kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak swasta, memungkinkan karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah. Kerjasama ini akan mempercepat pembangunan infrastuktur dan sumber daya manusia di daerah, “ tutup Sohibul.
Acara ini turut pula mengundang Mudrajad Kuncoro (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM) dan Almuzzammil Yusuf (Ketua Bidang Polhukam DPP PKS), serta dibuka oleh Tifatul Sembiri (Ketua Fraksi PKS MPR RI)
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger