Mengasuh Anak di Zaman Milenial


Bandar Lampung – Ketua Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Bandar Lampung Yuni Karnelis menjadi pemateri pada kelas parenting yang diadakan oleh PAUD Sabila 2, Kelurahan Sumur Putri, Teluk Betung Selatan. Pada acara tersebut Yuni menyampaikan pentingnya peran orang tua dalam memberikan pola asuh yang sesuai zaman Milenial seperti saat ini.

Menurut Anggota DPRD Kota Bandar Lampung dari Fraksi PKS ini, pola asuh adalah bagaimana orang tua memberikan sesuatu yang kelak bisa menjadi bekal anak-anak menghadapi dunia di luar rumah. Apa yang di dapat anak semasa kecil, menjadi batu pijakan sampai anak dewasa menempuh hidupnya sendiri.

“Kenapa sih pengasuhan anak penting banget? Iya donk, anak itu masa depan kita, masa depan bangsa juga. Mau dibawa kemana bangsa kita kalau kita mengasuh anak dengan sembarangan”, kata Yuni, Sabtu (21/9/2019).


Lalu bagaimana cara mengasuh anak di zaman milenial seperti ini. Mengutip pendapat seorang psikolog anak Elly Risman, Yuni menjelaskan ada tujuh pilar pengasuhan anak di era milenial. Pertama,  Orang Tua Harus Sepenuhnya Ada untuk Anak. Ketika bicara mengenal pola asuh anak, peran seorang ibu seringkali dianggap paling utama. Padahal ayah, memiliki peranan aktif untuk perkembangan anak.

2. Dibutuhkan Attachment atau kedekatan
Hubungan emosi anak dengan orang tua harus dekat. Banyak anak yang kurang dekat atau kurang 'lengket' dengan orang tua mereka karena banyak hal. Dekatnya pun bukan sekadar kulit ke kulit, melainkan dari jiwa ke jiwa.

3. Tujuan Pengasuhan Jelas
4. Atur Gaya Bicara

"Kalau bicara pada anak harus baik, harus benar, dan tidak berbohong," ujarnya.  Ia juga mengingatkan agar setiap orang tua tidak menyalahkan atau membanding-bandingkan anak karena akan membuat komunikasi antara anak dan orang tua terganggu. Orang tua juga harus mendengarkan perkataan anak mereka, memperhatikan saat mereka bicara, serta mengetahui keunikannya.

5. Pendidikan Agama
6. Persiapkan Pola Pengasuhan Saat Anak Puber
7. Ajari Anak Menahan Pandangan



Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger