Isi Seminar Parenting di PAUD Sabila 2, Yuni Karnelis Ajak Orangtua Mendidik Anak Dengan Cara Rasulullah

Bandar Lampung – Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Yuni Karnelis menjadi pembicara pada seminar parenting yang diselenggarakan oleh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sabila 2, Sabtu (7/12), di Kelurahan Sumur Putri, Teluk Betung Selatan. Mengambil tema mendidik anak ala Rasulullah di era digital, kegiatan ini dihadiri oleh puluhan wali murid PAUD Sabila 2 dan para guru.

Anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera ini (PKS) mengatakan bahwa memaknai kelahiran Nabi Muhammad SAW sangatlah penting. Terutama bagaimana Nabi Muhammad SAW mendidik anak-anaknya. 

Sebagai seorang Muslim, sudah sepantasnya untuk mengambil pelajaran dari kehidupan Rasulullah Muhammad SAW. Segala segi kepribadian beliau dapat menjadi teladan. Termasuk dalam hal menjadi orang tua yang baik.

Di antara cara Rasulullah SAW dalam mendidik setiap buah hatinya ialah memperkenalkan tauhid sedari dini. Dengan begitu, di dalam diri mereka akan tumbuh sifat tunduk dan pasrah terhadap Allah SWT.

Setelah menanamkan jiwa tauhid, hal berikutnya adalah melibatkan anak-anak dalam kajian keilmuan agama. Membiasakan anak-anak menghadiri kajian ilmu tentu mensyaratkan adanya kecintaan dari diri orang tua sendiri terhadap thalabul ilmi atau mencari ilmu. Jangan sampai orang tua enggan meluangkan waktu untuk mengajak seluruh anggota keluarga menyimak kajian-kajian agama.

Seorang anak hendaknya sejak dini dibimbing untuk memilah dan memilih perbuatan yang baik, bermanfaat, dan adil. Bila seorang anak sudah terbiasa memiliki rasa malu untuk berbuat salah, maka harapannya di tengah masyarakat nanti dia akan enggan melakukan segala hal yang bertentangan dengan norma-norma.

“Pada akhirnya, kasih sayang dapat menjadi cara efektif untuk mendidik anak. Rasul telah mencontohkan bagaimana beliau mengucapkan salam terlebih dulu saat lewat di hadapan anak-anak. Rasulullah bahkan ikut bermain, berbagi makanan, mencium, dan menggendong anak-anak”, ujar Yuni.
Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger