Fraksi PKS Minta Walikota Serius Tangani Sampah

ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung Agus Djumadi. Foto : Humas DPRD Kota Bandar Lampung
Bandar Lampung - Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung meminta Walikota Bandar Lampung untuk serius membenahi permasalahan sampah di kota ini. Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Bandar Lampung Agus Djumadi saat menyampaikan pandangan umum Fraksi PKS terhadap rancangan peraturan daerah laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019, Senin, 6/7/2020.

Agus mengatakan, pada tahun 2019 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan nilai rendah terhadap kebersihan kota Bandar Lampung. Tentunya ini dapat dijadikan sebagai pemacu semangat untuk memperbaikinya.


Fraksi PKS melihat sudah saatnya Walikota serius dalam manajemen pengelolaan sampah. Perlu komitmen yang kuat dari pemerintah, penyediaan anggaran yang memadai, serta meningkatkan partisipasi publik dalam pengelolaan sampah.

Secara bertahap pemkot mengurangi kebijakan pembuangan sampah secara terbuka (open dumping).  Membuat kebijakan dan strategi tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Selain itu, Fraksi PKS juga menyoroti masalah  banjir yang selalu datang secara rutin setiap hujan turun.

Menurut Agus, hilangnya daerah resapan di perbukitan dan Gunung Betung, pembangunan perumahan yang terus meningkat, hilangnya bantaran sungai di perkotaan, sampah dan pendangkalan sungai menjadi penyebab yang harus dapat diuraikan dari hulu ke hilir.

"Karena itu Fraksi PKS mengusulkan agar pembangunan kota bebas banjir yaitu dengan melakukan  reboisasi di hulu dan bantaran sungai, penyiapan embung kota, dan pembuatan biopori di setiap rumah tangga. Dan tak kalah penting ruang terbuka hijau selain sebagai daerah serapan air juga menyegarkan bagi warganya. Tentu dengan tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur lainnya," kata Agus.


Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger