Jika Jadi Walikota, Rycko Siap Melestarikan Pasar Tradisional

Istri Calon Walikota Bandarlampung Pitka Rycko Menoza saat melakukan kampanye di pasar. Foto: ist

Bandar Lampung - Pasangan calon kepala daerah (Paslonkada) Kota Bandarlampung nomor urut 01 Rycko Menoza SZP - Johan Sulaiman (Rycko - Jos) akan melestarikan pasar tradisional jika mendapatkan amanah memimpin kota setempat.

Menurut putra sulung mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP itu, pasar tradisional merupakan salah satu penggerak roda perekonomian. Karena pasar merupakan salah satu tumpuan kehidupan sebagian besar masyarakat di Kota Bandarlampung.

"Karena itu, pasar tradisional harus menjadi perhatian kita bersama agar salah satu penggerak perekonomian tersebut tetap menjadi tumpuan kehidupan masyarakat," kata Rycko, Selasa (17-11-2020).

Menurut Rycko, pelestarian pasar tradisional merupakan salah satu upaya menjaga kearifan lokal. 

"Kami akan membuat pasar-pasar di Bandarlampung menjadi lokasi yang nyaman untuk transaksi jual-beli masyarakat. Jika pasar tradisional bersih, aman dan nyaman, tentunya pengunjung pasar akan semakin ramai. Sehingga berdampak pada peningkatan pengunjung dan pendapatan para pedagang," jelasnya.

Jika menjadi walikota setempat, Rycko berjanji memberikan kepastian tempat atau lapak berjualan pada para pedagang. Karena berdasarkan pengamatan yang dilakukan Rycko di beberapa pasar tradisional, lapak masih menjadi masalah yang kerap dikeluhkan para pedagang.

"Padahal mereka (para pedagang, red) sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan lapak-lapak tersebut. Tapi ini (lapak, red) masih jadi masalah di pasar tradisional," jelasnya.

Bukan cuma itu, menurut Rycko, perlu adanya penataan keberadaan toko-toko waralaba yang kini menjamur. Tujuannya untuk mempertahankan keberadaan usaha - usaha kecil masyarakat. 

"Penataan toko waralaba ini, perlu dilakukan agar tidak mematikan usaha kecil masyarakat. Jadi pemerintah harus hadir untuk membela masyarakat kecil agar mampu bertahan di tengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat, seiring dengan banyaknya pasar - pasar modern," terangnya.

Dia melanjutkan, untuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) juga akan mendapatkan bantuan modal untuk pengembangan usaha, melalui masing masing kelompok-kelompok UMKM di Bandarlampung.

Diketahui, beberapa hari terakhir Rycko kerap berkampanye menelusuri sejumlah pasar tradisional di Kota Bandarlampung, seperti Pasar Pasirgintung, Pasar Bambukuning, Pasar Kangkung serta Pasar Tamin.


Sumber : https://harianmomentum.com

Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger