Memaknai Hari Ibu Nasional 2020, PKS Peduli Ibu Sehat

Yuni Karnelis, S.T.P

Oleh : Yuni Karnelis, S.T.P

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK)

DPD PKS Kota Bandar Lampung


Ibu merupakan pilar utama dalam sebuah keluarga. Ibu yang memiliki karir bekerja di luar sebagai profesi apapun harus memiliki kemampuan mengatur waktu untuk keluarga. Ibu harus bisa mengomunikasikan dengan suami dan anak-anaknya untuk saling bekerjasama terkait peran ibu diranah publik. Sehingga masing-masing saling memahami dan sebagian menggantikan peran domestik teknis ibu dikeluarga. Misalnya anak-anak sudah diajarkan untuk memasak, mencuci, dan anak-anak saya sudah didik mandiri.

Yang terpenting adalah komunikasi dengan anak-anak dan suami tetap berjalan baik ditengah kesibukan ibu.

Kalau melihat kondisi sekarang ini, banyak kaum perempuan terutama ibu-ibu dimasa pandemi covid 19, banyak sekali dampak-dampaknya baik kesehatan, ekonomi, pendidikan. Perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat untuk lebih memperhatikan kaum ibu.

Perda anak, perda laktasi, kita sepertinya perlu perda lagi untuk perlindungan sosial ekonomi para ibu khususnya para janda. 

Coba kita bayangkan seorang ibu yang ditinggal hidup atau mati oleh suaminya maka ia menjadi tulang punggung perekonomian keluarga ia harus bekerja keras dan sebagainya. Dan itulah kita butuhkan undang-undang atau peraturan daerah tentang jaminan sosial ekonomi bagi janda-janda tersebut.

Coba kita bayangkan jika seorang ibu ditinggal suaminya. Pasti dia akan bekerja keras mencari nafkah untuk anak-anaknya. Tapi kalau seorang bapak ditinggal istrinya, pasti langsung menikah lagi. 

Hari ibu ditahun 2020 ini, kita semua ingin ibu-ibu di Indonesia terutama di Lampung ini menjadi ibu-ibu yang tangguh. Kokoh baik dari sisi sosial mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, dari sisi ekonomi harus ada jaminan bagi ibu-tadi tadi, yang ditinggal suaminya harus ada jaminan dari pemerintah untuk membantu perekonomiannya baik kemandirian ekonomi dan bantuan usaha bagi para janda ini. Jika ibu-ibu ini sudah menjadi kokoh maka anak-anak dan keluarganya menjadi kokoh.

PKS sebagai salah organisasi politik yang memiliki tugas pendidikan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat harus mampu memerankan fungsi ini sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Insya Allah dihari ibu ini Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Bandar Lampung akan melaunching Kelompok Usaha Ibu-ibu Teluk sebagai salah satu program konkrit membantu usaha ekonomi untuk ibu-ibu. 

Dimomen hari ibu saya mewakili Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Bandar Lampung mengucapkan 

"Selamat Memaknai Hari Ibu Nasional 2020"

#PKS Peduli Ibu Sehat

#Bersama Melayani Rakyat

Share this post :
Comments
0 Comments

Popular Post

Fans Page

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Bandar Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger